SUPER YOUNG LEADER PFmuda

Program PFmuda merupakan ajang adu gagasan para anak muda dalam upaya menuntaskan masalah social di lingkungannya melalui proposal proyek sosial yang inspiratif, bermanfaat dan berkelanjutan. Kompetisi kreativitas dan inovasi anak milenial untuk menjadi seorang Young Leader dengan reka cipta proyek social unggul, mandiri dan berkelanjutan.

Program PFmuda tahun 2020 merupakan kompetisi proyek social tahun pertama, yang berhasil menjaring 19 young leaders dari 1.186 peserta pendaftar. Sistem seleksi secara digital dan online dilakukan oleh juri professional, akademisi pakar sosiopreneur, dan para donor start up serta selebgram berkaliber internasional. Sistem penilaian berbasis website dan digital mulai dari tahap pendaftaran, evaluasi administrasi, verifikasi dokumen, kurasi proposal dan interview mendalam.

Tahun kedua yaitu 2021, lebih dari 3000 anak muda mendaftar dan terkurasi sejumlah 2.149 dimana akhirnya terpilih 49 proyek social terbaik. Dan stimulant bantuan proyek disalurkan kepada 49 kelompok young leaders yang tersebaur di seluruh Indonesia.

Dana bantuan proyek social bersifat stimulant atau upaya pemicu tumbuhnya kesewadayaan dari masyarakat, partisipasi peserta dan keterlibatan stakeholder lain dengan maksud tumbuh sense of belonging atau rasa memiliki.

Setelah dua tahun berjalan, tercatat 68 young leaders tetap eksis dan mampu menunjukkan karya terbaiknya. Pertamina Foundation terus berkomitmen dalam mencetak generasi muda unggul dengan kepedulian social dengan karya inspiratif. Reka cipta proyek social para young leader peserta PFmuda angkatan pertama (tahun 2020) dilakukan kompetisi lanjutan dan diberikan apresiasi. Target akhirnya adalah melahirkan super young leader yang memiliki kewirausahaan social dari embrio proyek social PFmuda.

Best of the best young leaders menjadi arena sekaligus tantangan ekosistem PFmuda dalam mencetak generasi muda tangguh dengan karya proyek social yang mandiri berkelanjutan. Proyek social yang bertransformasi menjadi sosiopreneur yang mampu meyerap tenaga kerja. Perubahan budaya generasi masa depan dari cita-cita menjadi pekerja bergeser pada reka cipta unit usaha adalah tujuan Panjang program ini. Perubahan nilai-nilai dari masyarakat agraris menuju budaya kewirausahaan memerlukan rangkaian tahapan yang komplek dan gradual.