Sumba Timur, 17 April 2021 - Bantu pulihkan kondisi pasca terjadinya banjir bandang di Nusa Tenggara Timur, Ekspedisi Seroja merupakan bagian dari program PFbangkit Pertamina Foundation yang bergerak untuk menyalurkan kepedulian berupa bantuan logistik maupun kesehatan pada masyarakat terdampak bencana.

Sampai saat ini, kegiatan ekspedisi telah berhasil mendistribusikan bantuan bahan pangan, selimut, perlengkapan bayi, dan obat-obatan secara tersebar melalui posko mobile di titik-titik lokasi Kabupaten Sumba Timur, khususnya di wilayah sekitar Kota Waingapu.

Lokasi tersebut di antaranya, Desa Kambaniru dan Gereja Kristen Sumba, Desa Lambunapu, Desa Ranu, Desa Kaiku, dua dapur umum di Desa Prailiu, Desa Palindi dan Desa Kadumbul di Kecamatan Pandawai, serta Desa Maidang di Kecamatan Kambata Mapambuhang.

Penyaluran bantuan ini dibantu juga dengan relawan anak-anak muda yang bersemangat untuk membuat daerahnya bangkit kembali. Mereka turut bahu-membahu membantu penyerahan bantuan di setiap lokasi, termasuk dengan menjadi distributor makanan dari dapur umum di Desa Prailiu.

Selain itu, rasa peduli juga terbukti dari inisiatif mereka untuk memperbaiki dan memfasilitasi kembali sebuah PAUD di Desa Papu, Kelurahan Watukamba. Bangunan yang kini tinggal kerangkanya saja, diperbaiki supaya dapat berfungsi kembali sebagai tempat bersekolah dan taman baca. Dengan demikian, anak-anak bisa semangat untuk mengejar cita-citanya.

Salah satu di antara relawan, yakni Umbu Asminto, bagian dari Top 10 PFmuda 2021 yang juga sukses menyelenggarakan program pendidikan nonformal di Desa Mbatakapidu, Kota Waingapu.

Program pendidikan ini dijalankan dalam sanggar bernama Katala Hammu Lingu yang menyediakan beraneka ragam kelas untuk anak usia dini hingga dewasa, seperti kelas bahasa, kelas menari, kelas teater, kelas melukis dan menggambar, kelas ukir, dan kelas fotografi dan videografi. Keberadaan sanggar diharapkan dapat mengembangkan keterampilan dan kompetensi masyarakat setempat, sekaligus melestarikan dan menanamkan nilai-nilai kecintaan terhadap kebudayaan tradisional.

Agus Mashud S. Asngari, Presiden Direktur Pertamina Foundation menjelaskan bahwa generasi muda dengan segala kepeduliannya menjadi kekuatan tersendiri bagi bangsa yang tentu tak ternilai harganya.

“Negeri ini perlu berbangga, ketika memiliki banyak anak muda yang punya inisiatif dan kepedulian tinggi untuk membantu sesama. Umbu mungkin salah satu di antara mereka yang menjadi pelopor dan pendorong aktivitas positif bagi masyarakat. Kebaikan ini perlu dilanjutkan, mengingat kepekaan sosial selalu menjadi modal untuk membantu Indonesia menjadi lebih baik lagi,” ujar Agus.

Apresiasi dan ucapan terima kasih yang tulus disampaikan oleh para relawan muda yang telah membantu jalannya penerimaan bantuan dari Ekspedisi Seroja ke masyarakat. Bantuan ini akan sangat berarti untuk menunjang kebutuhan hidup sehari-hari.

“Kami akan siap kapanpun dibutuhkan untuk Membantu dan terlibat dalam setiap proses penyaluran bantuan, apalagi ini juga untuk kebaikan saudara-saudara kami yang ada di sini. Kami juga sangat berterima kasih dan mengapresiasi atas apa yang dilakukan Pertamina Foundation. Secara cepat dan tanggap, terjun langsung membantu masyarakat terdampak di Waingapu” tutup Umbu.