Sumba Timur, 16 April 2021 – Kegiatan Pertamina Peduli melalui program PFbangkit Pertamina Foundation yakni Ekspedisi Seroja, tidak hanya terhenti pada penyerahan bantuan kepada warga terdampak banjir di wilayah Kota Waingapu, Nusa Tenggara Timur. Perjalanan ekspedisi dilanjutkan dengan memberikan bantuan sembako untuk masyarakat di Desa Kadumbul, Kecamatan Pandawai.

Presiden Direktur Pertamina Foundation Agus Mashud S. Asngari, mengungkapkan bahwa bantuan sembako diberikan kepada warga Desa Kadumbul karena wilayahnya terisolir dan banyaknya jumlah kepala keluarga yang mengungsi

“Desa Kadumbul menjadi salah satu lokasi paling terdampak bencana banjir NTT karena mengalami banjir sebanyak tiga kali akibat luapan Sungai Kadumbul. Ditambah, wilayahnya terisolir kurang lebih sekitar 40 km sebelah timur dari kota Waingapu dan hampir seminggu desa ini tidak berkabar karena matinya jaringan telepon. Padahal, sebanyak 15 kepala keluarga desa ini sedang mengungsi di berbagai titik,” ungkap Agus pada Kamis (15/04).

Tidak hanya bantuan berupa sembako, satu unit mobil ambulans juga diberikan supaya tidak memperparah kondisi kesehatan warganya, khususnya untuk mengantar dan menjemput warga yang sakit di tengah akses desa yang cukup sulit.

“Sebelumnya juga mendapatkan informasi bahwa mobil ambulansnya mengalami kerusakan sehingga tidak bisa dioperasikan lagi. Oleh karena itu, ambulans ini kami berikan juga supaya dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk keperluan kesehatan warga selama masa pemulihan dan pasca bencana di tengah pandemi Covid-19 ini,” tambah Agus

Bantuan yang diberikan langsung diterima oleh Kepala Desa Kadumbul, Jonison. Jonison juga mengapresiasi reaksi cepat dan tanggap Pertamina Foundation serta kepedulian untuk warga NTT melalui program PFbangkit.

“Saya mewakili seluruh masyarakat Desa Kadumbul mengucapkan terima kasih kepada Pertamina Foundation melalui program PFBangkit atas bantuan yang luar biasa dan tidak pernah dibayangkan sebelumnya. Semoga Pertamina Foundation tetap berjaya dan terus ada untuk masyarakat,” ujar Jonison.

Penyerahan bantuan mobil ambulans ke Desa Kadumbul ini mendapat dukungan dan pembiayaan dari CSR PT Pertamina (Persero). Pertamina Foundation juga berkomitmen untuk siap membantu optimalisasi potensi desa kedepannya agar lebih maju dan mandiri.

“Desa Kadumbul sejatinya memiliki banyak potensi yang dapat dikembangkan, baik dalam bidang pendidikan, bidang pertanian, bidang pariwisata, dan berbagai bidang lainnya. Namun minimnya fasilitas dan sulitnya aksesibilitas menghambat perkembangan yang ada. Maka dari itu, kami berkomitmen kedepannya untuk membantu mencarikan dana untuk bisa mengembangkan Desa Kadumbul di berbagai sektor tersebut,” tutup Agus.