Jakarta, 2 November 2020 – Program PFMuda merupakan ajang yang sangat menarik untuk diikuti, khususnya untuk para anak muda yang senang berkreatifitas atau berinovasi untuk masyarakat dan lingkungan sekitar. Dengan tema “Aksi Sosial Kreatif Untuk Menjawab Isu-Isu Sosial dan Lingkungan”, program ini dapat menumbuhkan kepekaan anak muda Indonesia terhadap isu-isu yang sedang berkembang.

Di tengah pandemi yang masih melanda tanah air, program PFMuda dapat menjadi sarana bagi para anak muda dari rentang usia 15 sampai 35 tahun untuk membuat berbagai gerakan sehingga dapat meringkankan sedikit beban para masyarakat terkait hal-hal yang berubah sedemikian rupa akibat pandemi yang tak kunjung hilang. Mereka dapat mengembangkan bakat dan hobi fotografi, videografi, dan jurnalistik dalam kompetisi ini. Para peserta juga mendapat kesempatan untuk mewujudkan gagasan atau ide proyek sosial dengan bantuan pendanaan dan kedepannya menjadi young leaders dengan proyek sosial yang menginspirasi generasi muda lain.

Setelah penutupan pendaftaran Program PF Muda pada tanggal 4 Oktober 2020, tercatat terdapat total 1186 aplikan yang telah mendaftar. Selanjutnya, dilakukan seleksi yang ketat untuk mencari proposal yang memenuhi kriteria proyek sosial yang menarik, serta dilengkapi dengan foto atau video. Setelah dilakukan seleksi, didapatlah 108 proposal terbaik PF Muda, dan telah diumumkan pada akun instagram Pertamina Foundation @pertamina.foundation.

Di tahap selanjutnya, 108 tim proposal terbaik tersebut akan dijadwalkan untuk mengikuti tahap wawancara dengan juri-juri yang kompeten secara virtual. Wawancara akan dilaksanakan dari tanggal 3 sampai 5 Nopember 2020. Dalam tahap ini, penting untuk seluruh tim agar mempersiapkan mental, dan tentunya mempersiapkan program-program mereka dengan matang di hadapan para juri. Untuk jadwal yang lebih detail, dapat dicek langsung di akun instagram Pertamina Foundation.

Kompetisi PFMuda ini akan memberikan hadiah bagi para tim yang terpilih, yaitu berupa dana dengan total lebih dari setengah miliar rupiah dan juga terdapat hadiah untuk masing-masing kategori terbaik berupa kamera dan laptop. Selain itu, para tim yang terpilih juga nantinya akan mendapatkan pengalaman dan pelatihan dari para juri maupun pelatih atau mentor yang terdiri dari sejumlah profesional muda berprestasi, akademisi, expertise, yang telah sukses membangun bisnis berbasis proyek sosial. Tidak ketinggalan juga akan ada dukungan dari public figure, seperti Maudy Ayunda yang telah berkolaborasi dengan Pertamina Foundation dalam program PF Muda, untuk sama-sama menuntaskan isu-isu sosial yang terdapat di Indonesia.